Wednesday, April 11, 2012

Gempa 8.9 SR di Aceh Rabu Sore, India Waspada Tsunami

saya kali ini akan menginformasikan telah terjadinya gempa Aceh berkekuatan 8,5 SR. seperti yang dilangsir vivanews.com Gempa besar berkekuatan 8,5 skala Richter tidak hanya terasa di Aceh, Medan, Padang, dan Bengkulu. Gempa ini juga terasa di sejumlah negara di sekitar Indonesia.
Kantor berita Reuters, Rabu 11 April 2012, melaporkan gempa juga terasa di Singapura, Thailand, dan selatan India. Bahkan India pun langsung mengeluarkan peringatan tsunami.
Seperti diketahui, gempa terjadi pada pukul 15.38 dan berpusat di 2,31 Lintang Utara dan 92,67 Bujur Timur. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer. BMKG melaporkan gempa berpotensi tsunami.
gempa 8.9 SR guncang aceh
Pada 2004, gempa besar juga pernah terjadi di kawasan Aceh. 170 ribu orang meninggal dunia dan hilang. Gempa ini juga menewaskan sekitar 230 ribu orang yang berada di sekitar Samudera Hindia.

Gempa Guncang Aceh, Warga Padang Berhamburan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika merevisi kekuatan gempa yang mengguncang wilayah Sumatera, Rabu 11 Maret 2012. Data terbaru menunjukkan kekuatan 8,5 skala richter. Sebelumnya diumumkan berkekuatan 8,9 SR.

Gempa terjadi pada pukul 15.38 WIB, lokasi gempa berada di 2.31 Lintang utara dan 92.67 Bujur Timur. Kedalaman gempa 10 kilometer.

Gempa terasa di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, dan Lampung. BMKG juga mengeluarkan peringatan dini tsunami. Warga di Aceh langsung panik dan lari ke dataran tinggi.

Pantauan VIVAnews, warga di Lueng Batang terlihat panik saat gempa kuat mengguncang wilayah mereka. Mereka langsung lari ke kawasan dataran tinggi di Simpang Lambaro.

Sementara itu, warga di Banda Aceh juga diminta menjauh dari bibir pantai. Karena gempa ada di kedalaman 10 km dan  hanya berjarak 15 kilometer saja dari darat. (umi)


• VIVAnews

0 komentar:

Post a Comment

Tolong tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini...
Tolong Laporkan Bila Ada link Download Yang Mati Atau Tidak Berfungsi..Terimakasih

Para pengurus Blog bayu7key Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...